» » Makanan Khas Batak, Sangsang

Makanan Khas Batak, Sangsang

Bukan suatu yang asing lagi bagi orang Batak Sangsang. Sangsang adalah salah satu makanan khas Batak. Semua orang Batak pasti akan sangat merindukan makanan ini dan akan selalu berusaha mencari makanan ini kemana pun orang Batak pergi. Tau kenapa?

Makanan ini dikatakan Sangsang karena makanan ini dibuat dari daging babi dan daging ini dipotong kecil-kecil. Kemudian dimasak dengan campuran rempah-rempah masakan khas Batak yang memiliki cita rasa tersendiri. Dan tak lupa mencampurnya dengan “gota” atau darah dari babi tersebut. Itulah yang membuat makanan ini semakin nikmat.

Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabe, jahe, andaliman. Dan “gota” yang tadi dicampur ketika bumbu dan daging hampir matang. Namun seiring dengan kemajuan zaman sekarang ini, sudah semakin jarang sangsang dicampur dengan “gota”. Dan ada beberapa aliran yang memang tidak memakan darah. Namun untuk sebagian orang mengatakan kalau sangsang tanpa darah memiliki rasa yang berbeda dibanding sangsang yang jauh lebih nikmat jika dicampur dengan “gota”. Dalam penyajiannya, untuk satu porsi biasa nya juga diberikan bawang putih dan cabe rawit untuk menciptakan rasa pedas yang menggigit di lidah.

Awalnya, sangsang ada pada acara-acara adat seperti di acara pernikahan. Namun belakangan ini sangsang sudah tersedia di rumah-rumah makan. Bukan suatu makanan yang langka lagi. Tinggal cari rumah makan khas Batak pasti kita bisa menikmatinya. Bukan hanya itu, dengan harga terjangkau kita sudah bisa menikatinya. Untuk satu porsi ditambah nasi plus dengan soup nya hanya berkisar Rp.10.000-Rp20.000 saja. Tentu itu bukan terlalu mahal bayarannya untuk makanan khas.

Selain sangsang kita juga akan menjumpai babi panggang, naniarsik, dan naniura. Jika Anda yang sedang berkunjung ke daerah Batak, jangan lupa untuk singgah ke sekitar Ajibata, sekitar Tomok dan sekitar Pangururan untuk bisa menikmati Sangsang ini dengan rasa yang masih khas dan asli Bataknya. (EN)
Sumber: http://www.halakhita.com/kuliner/sangsang-makanan-khas-batak/
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya